Diberdayakan oleh Blogger.

Reliability engineering

Senin, 05 Oktober 2009

Susah sekali saya mencari banyak referensi tentang maintenance, kebanyakan semua design ref. apadahal dari sisi pemikiran maintenance jauh lebih rumit daripada design, seperti kita tahu maitenance harus lebih sigap mengatasai semua masalah dengan benar sesuai dengan prosedurnya, beda dengan design, design hanya mengkalkulasikan sebuah project atau plant seperti apa jenisnya dan penghitungan dimulai dan project start, lain halnya dengan maintenance bkan hanya tahu seperti apa designnya sebuah plant tapi jg harus bisa mengambil action troubleshoot yang tepat.
tulisan ini saya akan persembahkan untuk semuanya yang bergelut dengan maintenance.....

saya akan mulai dengan sedikit teorinya aja sekedar merfresh dan ini saya ambil dari beberapa ebook,.

Imperfect Maintenance

Sebelum jauh mejelaskannya apa itu imperfect maintenance, saya mau melihat dulu klasifikasi dari maintenance berdasarkan beberapa sumber yang nanti link nya saya akan kasih atahu jg.

Maintenance diklasifikasikan dalam 2 kategori ":
1. Corrective Maintenance (CM)
2. Preventive Maintenance (PM)

Corrective Maintenance (CM) terjadi ketika sebuah system mengalami gangguan
beberapa sumber merefrensikan CM sebagai repair (perbaikan).
menurut MIL-STD-721B CM berarti semua bentuk tindakan sebagai usulan dari sebuah system yang terganggu, memperbaiki sebuah item dalam kondisi yang spesifik. Jelasnya CM merupakan bentuk tindakan pemeliharaan yang tidak di prediksi kapan poin gangguan itu terjadi (waktu gangguan tidak diketahui).

Corrective Maintenance dibagi dalam 3 steps :
1. Diagnosa Masalah
2. Perbaiki atau mengganti komponen yang rusak
3. verifikasi bentuk actionnya (action perbaikannya)

Masih berlanjut

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

  © Blogger template On The Road by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP