Diberdayakan oleh Blogger.

Sumber Energi Listrik Pohon

Minggu, 22 November 2009








Semakin langkanya sumber2 utama pembangkit listrik memberikan dampak yang luar biasa untuk para peneliti menemukan sumber - sumber energi yang baru, seperti halnya kita tahu bahwa banyak sumber energi listrik seperti air, batubara, gas, minyak, nuklir, matahari, sampai terakhir dengan mengurai hidrocarbon yang ada pada buah jarak menjadi sumber energi dan sekarang muncul sumber energi yang baru yaitu sumber yang berasal dari pohon.

Penelitian yang dilakukan di Massachusetts Institute of Technology (MIT) menemukan bahwa pohon dapat menghasilkan energi listrik sebesar 200 millivolt. Caranya adalah dengan menggunakan dua logam elektroda. Satu elektroda ditempatkan pada pohon sementara lainnya diletakkan di sekeliling tanah.

Thaindian News melansir, cara kerja menghasilkan listrik dari pohon ini hampir sama dengan percobaan membuat baterai dari lemon atau kentang. Untuk menghasilkan arus listrik dari lemon dan kentang, kita harus menciptakan reaksi diantara makanan itu dan dua logam yang berbeda.

Salah satu tim studi, Carlton Himes dari University of Washington, rela menghabiskan waktu selama musim panas untuk menganalisa bermacam pohon. Himes menempelkan paku pada pohon tersebut dan menyambungkannya ke alat pengukur tegangan listrik atau voltmeter. Dalam percobaanya itu, dia menemukan bahwa pohon berdaun lebar menghasilkan voltase yang tetap sampai beberapa ratus milivolt.
Setelah itu dengan menambahkan satu alat khusus yang berfungsi sebagai pengubah pendorong voltase, Himes dan timnya berhasil memperoleh energi listrik sebesar 1,1 volt. Menurut mereka, energi sebesar ini cukup untuk menjalankan sensor tenaga rendah.
“Namun demikian, energi listrik yang dihasilkan pohon tidak bisa digunakan untuk menjalankan semua perkakas elektronik. Karena perangkat elektronik umumnya tidak ditenagai oleh listrik jenis seperti ini,” kata peneliti lainnya, Babak Parviz.
Energi listrik yang dihasilkan pohon tidak bisa menggantikan energi yang dihasilkan matahari untuk menjalankan sebagian besar aplikasi. Tapi menurutnya, sistem seperti ini dapat dipertimbangkan sebagai cara alternatif dalam menghasilkan tenaga listrik untuk  sensor pohon yang membantu mendeteksi kondisi lingkungan hidup atau kebakaran hutan.
 sumber : http://newstechnology.info


0 komentar:

Posting Komentar

Pages

  © Blogger template On The Road by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP